Seiring dengan perjalanan waktu banyak pengalaman dan cerita yang
kita temui. Pengalaman yang baik akan menjadi sumber motivasi sebagai
pendorong menjadi lebih baik. Pengalaman yang buruk menjadi sumber
pembelajaran dan perbaikan dari situasi saat ini. Dalam kesempatan ini,
Marketeers membagikan 100 Classic Marketing Stories sebagai sumbangan
kecil pada dunia bisnis saat ini. Inilah kumpulan dari 100 kasus
pemasaran menarik yang pernah terjadi sepanjang masa.
Skoda, banyak di antara kita yang tidak mengetahui merek ini karena
memang kurang familiar di banyak negara. Namun hampir semua di antara
kita yang mengetahui induk perusahaannya yaitu Volkswagen. Skoda adalah
adalah merek produsen mobil yang didirikan pada tahun 1859 dari republik
Ceko. Perusahaan ini dibeli oleh Volkswagen pada tahun 1991. Pada saat
itu, merek Skoda dianggap sebagai merek inferior karena kualitas buruk
dan reliabilitas yang tidak mumpuni mobil.
Kemudian Volkwagen berusaha merubah pandangan konsumen terutama pada
pasar yang penting bagi perusahaan. Langkah yang dilakukan sebagai tahap
awal adalah dengan memperkenalkan desain dan teknik manufaktur baru.
Perkenalan pertama ditandai dengan peluncuran Felicia pada tahun 1994
dan diikuti oleh Octavia pada tahun 1996. Peluncuran kedua produk ini
cukup menarik mengingat merek ini sangat tidak dikenal pasar. Dan secara
bersamaan, Skoda juga berusaha untuk menginformasikan pasar mengenai
perubahan kepemilikan.
Usaha ini tercermin dari tagline yang diusung, seperti pada bulan
Oktober 1995 slogan yang dipakai: “ Who’s behind the changes at Skoda?”
dibarengi dengan pencantuman logo VW bersama dengan logo Skoda. Langkah
ini sebenarnya cukup krusial dan beresiko karena dapat mempengaruhi
reliabilitas VW dan positioning dalam jangka panjang. Pada tahun 1997,
tagline yang diusung adalah “Judge for yourself” dan juga mengundang
calon pembeli dan media untuk melakukan tes drive dan berinteraksi yang
bertujuan untuk merubah sikap mereka.
Meskipun usaha yang dilakukan Volkswagen sudah cukup keras, namun
sikap pemangku kepentingan Skoda masih belum sepenuhnya berubah.
Nampaknya usaha Volkswagen untuk merubah image Skoda baru dapat
dilihatdalam jangka panjang dan dilakukan terus menerus secara konstan.
Apa yang kita dapat pelajari? Volkswagen yang merupakan produsen
otomotif ternama terbukti sulit untuk meningkatkan dan merubah pandangan
orang kepada Skoda yang terlanjur jelek. Pandangan konsumen pada suatu
merek akan sulit dirubah apalagi dalam waktu singkat. Semua hal ini
tidak berbicara tentang angka, semua adalah persepsi dan semua persepsi
itu adalah fakta walaupun persepsi itu sebenarnya “salah”.
Artikel ini diadaptasi dari Marketing Communication 2nd edition karangan Chris Fill
No comments:
Post a Comment