Seiring dengan perjalanan waktu banyak pengalaman dan cerita yang
kita temui. Pengalaman yang baik akan menjadi sumber motivasi sebagai
pendorong menjadi lebih baik. Pengalaman yang buruk menjadi sumber
pembelajaran dan perbaikan dari situasi saat ini. Dalam kesempatan ini,
Marketeers membagikan 100 Classic Marketing Stories sebagai sumbangan
kecil pada dunia bisnis saat ini. Inilah kumpulan dari 100 kasus
pemasaran menarik yang pernah terjadi sepanjang masa.
Barclays adalah salah satu bank yang beroperasi secara global. Bank
ini menyediakan layanan produk yang cukup lebar dan melayani lebih dari
50 negara. Barclays memberikan pelayanan baik pada konsumen individu dan
juga bisnis. Tipe konsumen yang berbeda akan dilayani secara berbeda.
Pada personal banking, persaingan terjadi cukup sengit dimana banyak
bank yang berusaha menyediakan layanan terbaik dengan harapan mendapat
konsumen yang loyal dan menggunakan banyak produk layanan perbankan.
Barclays juga mempergunakan riset pasar untuk mengembangkan produk
layanannya. Setidaknya terdapat tujuh titik yang diperhatikan pada
riset. Riset berusaha mencari informasi:
- Identifikasi konsumen
- Kebutuhan Konsumen
- Penawaran terbaik untuk pelayanan konsumen
- Penyampaian produk
- Implementasi penyampaian produk
- Penyesuaian Manajemen
- Evaluasi
Tujuan dari riset ini adalah berusaha mendapatkan data dari konsumen
dan potensi konsumen. Informasi ini juga membantu pengambilan keputusan
bisnis. Di Barclays, riset juga dilakukan agar meminimalisasi resiko
bisnis. Hal ini dilakukan Barclays saat perusahaan berusaha masuk pada
pasar yang baru, dalam kasus ini pasar pelajar. Dimana Barclays
mendapatkan insight mengenai mahasiswa di Inggris sebagai berikut:
- Dalam studinya, mahasiswa banyak mengandalkan berbagai varian kredit
- Mahasiswa cenderung ingin memiliki perangkat gadget yang sesuai dengan perkembangan teknologi terkini
- Sebagian mahasiswa memiliki rekening yang berbeda untuk tujuan yang berbeda
- Banyak mahasiswa yang tidak terbujuk oleh hadiah pembelian. Mereka lebih tertarik bila dikomunikasikan bahwa produk tambahan sudah termasuk dalam paket produk utama
Dengan mengetahui hal ini, Barclays dapat mengenal target pasarnya
dengan lebih baik sehingga berpeluang untuk menyediakan produk yang
sesuai dengan kebutuhan target. Berdasarkan pengetahuan ini, pada tahun
2009 Barclays menyediakan produk yang cukup menarik seperti tidak ada
iuran administrasi bulanan, bunga mulai diberlakukan setelah pinjaman
telah melebihi 2.000 pounsterling (sebelumnya 500 poundsterling), dan
pengadaan fasilitas mobile banking dilengkapi jaringan ke cabang lokal
untuk mengakses rekening.
Pada masa awal, Barclays memilki target untuk meningkatkan jumlah
pemegang rekening sebanyak 25 persen. Pada tahap evaluasi pertama,
target ini terlampaui yang ditandai peningkatan sebanyak 34 persen. Di
industri Barclays berhasil meningkatkan pangsa pasarnyanya di kalangan
pelajar dan mengalami kenaikan posisi dalam pasar dari yang tadinya
urutan ketiga menjadi urutan kedua
Artikel ini diadaptasi dari The Times 100: Business Case Studies
No comments:
Post a Comment