Friday, October 19, 2012

57. Smart Memberi Definisi “Trendi” di Industri Otomotif

smart fortwo 1024x743 57. Smart Memberi Definisi Trendi di Industri Otomotif
Seiring dengan perjalanan waktu banyak pengalaman dan cerita yang kita temui. Pengalaman yang baik akan menjadi sumber motivasi sebagai pendorong menjadi lebih baik. Pengalaman yang buruk menjadi sumber pembelajaran dan perbaikan dari situasi saat ini. Dalam kesempatan ini, Marketeers membagikan  100 Classic Marketing Stories sebagai sumbangan kecil pada dunia bisnis saat ini. Inilah kumpulan dari 100 kasus pemasaran menarik yang pernah terjadi sepanjang masa.

Sebagian dari kita mengenal mobil Smart Car dari Mercedes Benz bukan. Mobil kecil berkapasitas dua orang dan ukurannya terbilang mungil dibanding mobil lainnya di pasaran. Namun tahukah Anda darimana ide awal pembuatan konsep mobil ini. Meskipun baru mulai dikenalkan dengan luas akhir-akhir ini, konsep ini ternyata sudah beberapa waktu yang lalu.
Smart ternyata hasil ide dari Nicolas Hayek, pebisnis terkenal dari Switzerland, seorang arsitek brilian yang merancang bangkitnya industri jam Swiss pada tahun 1980-an. Orang inilah yang mendorong kinerja Swiss Corporation for Microelectronics and Watchmaking Industries (SMH) termasuk juga pendesain dan perancang positioning dari Swatch (Swiss Watch).

Saat itu, ia memiliki visi untuk membuat konsep mobil (saat itu dinamakan swatchmobile) dimana konsumen merasa terikat secara emosional sebagaimana mereka memiliki ikatan pada arlojinya. Menurut pandangannya, mobil ini harus dibuat dengan standar keamanan tinggi, ramah lingkungan, dan sekaligus memberi kenyamanan bagi konsumen. Seperti Swatch, mobil ini juga memiliki harga yang terjangkau, memliki daya tahan yang baik, namun tetap stylish. Nicolas menyadari bahwa faktor keamanan menjadi faktor penting dalam menjual mobil.

Dari visi inilah ia menggandeng Mercedes yang mampu memberikan mobil yang memiliki standar keamanan tinggi, memiliki tingkat emisi yang baik bagi lingkungan, memiliki tingkat efisiensi tinggi, dengan mesin yang kecil. Nicolas yakin bahwa ada pasar yang menginginkan mobil kecil dan ramah lingkungan seperti ini. Perkenalan mobil versi pertama dilakukan di Paris Motor Show pada tahun 1998. Bersamaan dengan perkenalan ini, merk mobil juga dikenalkan dengan nama Smart. Ternyata smart ini adalah akronim dari Swatch, Mercedes Benz, dan art. Mobil ini terbilang sangat mungil bila dibandingkan mobil pada umumnya di Eropa. Begitu kecilnya Smart hanya memakan tempat parkir yang jauh lebih sedikit dari mobil lainnya di sana.

Nicolas memiliki konsep dimana panel mobil dapat diganti dan dimodifikasi sesuai dengan selera konsumen. Mobil ini menawarkan kostumisasi yang unik sesuai dengan keinginan pembali. Penggantian panel dapat dilakukan di bengkel resmi dengan proses yang memakan waktu antara satu sampai dengan dua jam dengan tambahan sejumlah biaya. Ia sangat ingin menciptakan mobil yang trendi dan membuat konsumen puas dan terpengaruh dengan nuansa anak muda yang hendak diusung mobil.

Smart jelas menarik perhatian baik dari kalangan konsumen maupun produsen di industri otomotif. Diferensiasi terlihat begitu kentara, mobil ini memberi warna baru di industri otomotif. Mungkin akan menarik bila kita melihat langkah selanjutnya yang diambil perusahaan dalam persaingan di industri.
Artikel ini diadaptasi dari buku Global Marketing Management karangan Warren Keegan

No comments: