Seiring dengan perjalanan waktu banyak pengalaman dan cerita yang
kita temui. Pengalaman yang baik akan menjadi sumber motivasi sebagai
pendorong menjadi lebih baik. Pengalaman yang buruk menjadi sumber
pembelajaran dan perbaikan dari situasi saat ini. Dalam kesempatan ini,
Marketeers membagikan 100 Classic Marketing Stories sebagai sumbangan
kecil pada dunia bisnis saat ini. Inilah kumpulan dari 100 kasus
pemasaran menarik yang pernah terjadi sepanjang masa.
Sebagian dari kita mengenal mobil Smart Car dari Mercedes Benz bukan.
Mobil kecil berkapasitas dua orang dan ukurannya terbilang mungil
dibanding mobil lainnya di pasaran. Namun tahukah Anda darimana ide awal
pembuatan konsep mobil ini. Meskipun baru mulai dikenalkan dengan luas
akhir-akhir ini, konsep ini ternyata sudah beberapa waktu yang lalu.
Smart ternyata hasil ide dari Nicolas Hayek, pebisnis terkenal dari
Switzerland, seorang arsitek brilian yang merancang bangkitnya industri
jam Swiss pada tahun 1980-an. Orang inilah yang mendorong kinerja Swiss
Corporation for Microelectronics and Watchmaking Industries (SMH)
termasuk juga pendesain dan perancang positioning dari Swatch (Swiss
Watch).
Saat itu, ia memiliki visi untuk membuat konsep mobil (saat itu
dinamakan swatchmobile) dimana konsumen merasa terikat secara emosional
sebagaimana mereka memiliki ikatan pada arlojinya. Menurut pandangannya,
mobil ini harus dibuat dengan standar keamanan tinggi, ramah
lingkungan, dan sekaligus memberi kenyamanan bagi konsumen. Seperti
Swatch, mobil ini juga memiliki harga yang terjangkau, memliki daya
tahan yang baik, namun tetap stylish. Nicolas menyadari bahwa faktor
keamanan menjadi faktor penting dalam menjual mobil.
Dari visi inilah ia menggandeng Mercedes yang mampu memberikan mobil
yang memiliki standar keamanan tinggi, memiliki tingkat emisi yang baik
bagi lingkungan, memiliki tingkat efisiensi tinggi, dengan mesin yang
kecil. Nicolas yakin bahwa ada pasar yang menginginkan mobil kecil dan
ramah lingkungan seperti ini. Perkenalan mobil versi pertama dilakukan
di Paris Motor Show pada tahun 1998. Bersamaan dengan perkenalan ini,
merk mobil juga dikenalkan dengan nama Smart. Ternyata smart ini adalah
akronim dari Swatch, Mercedes Benz, dan art. Mobil ini terbilang sangat
mungil bila dibandingkan mobil pada umumnya di Eropa. Begitu kecilnya
Smart hanya memakan tempat parkir yang jauh lebih sedikit dari mobil
lainnya di sana.
Nicolas memiliki konsep dimana panel mobil dapat diganti dan
dimodifikasi sesuai dengan selera konsumen. Mobil ini menawarkan
kostumisasi yang unik sesuai dengan keinginan pembali. Penggantian panel
dapat dilakukan di bengkel resmi dengan proses yang memakan waktu
antara satu sampai dengan dua jam dengan tambahan sejumlah biaya. Ia
sangat ingin menciptakan mobil yang trendi dan membuat konsumen puas dan
terpengaruh dengan nuansa anak muda yang hendak diusung mobil.
Smart jelas menarik perhatian baik dari kalangan konsumen maupun
produsen di industri otomotif. Diferensiasi terlihat begitu kentara,
mobil ini memberi warna baru di industri otomotif. Mungkin akan menarik
bila kita melihat langkah selanjutnya yang diambil perusahaan dalam
persaingan di industri.
Artikel ini diadaptasi dari buku Global Marketing Management karangan Warren Keegan
No comments:
Post a Comment