Seiring dengan perjalanan waktu banyak pengalaman dan cerita yang
kita temui. Pengalaman yang baik akan menjadi sumber motivasi sebagai
pendorong menjadi lebih baik. Pengalaman yang buruk menjadi sumber
pembelajaran dan perbaikan dari situasi saat ini. Dalam kesempatan ini,
Marketeers membagikan 100 Classic Marketing Stories sebagai sumbangan
kecil pada dunia bisnis saat ini. Inilah kumpulan dari 100 kasus
pemasaran menarik yang pernah terjadi sepanjang masa.
Starbucks Coffee Company didirikan pada tahun 1971, membuka toko
pertamanya di Seattle’s Pike Place Market. Kini Starbucks adalah merek
terkemuka untuk retail kopi special. Starbucks adalah salah satu icon
kesuksesan pada tahun 1990 an, lebih dari 8 juta orang mengunjungi
Starbucks setiap minggunya. Merek perusahaan menjadi merek yang paling
mudah dikenali masyarakat global saat ini.
Ketika Howard Schultz masuk ke dalam perusahaan pada awal tahun 1980
an sebagai direktur operasional retail, Starbucks adalah perusahaan
lokal dengan kualitas kopi bagus di kota. Semua kesuksesan Starbucks
bermula dari visi Howard Schultz untuk pengembangan jaringan outlet.
Howard dikenal sebagai orang yang menghindari sistem Franchise. Baginya
Franchise adalah orang tengah yang berada antara Starbucks dan
konsumennya. Starbucks lebih menyukai melatih orang sendiri dan
mengoperasikan semua toko sehingga kualitas setiap kopi yang disajikan
terjamin.
Dalam perjalanannya, Starbucks selalu lebih banyak menghabiskan dana
untuk training daripada iklan. Ia memiliki kepercayaan bahwa partner
(istilah ntuk pegawai Starbucks) akan membawa Starbucks melewati abad
berikutnya. Starbucks menjadi symbol dari kebudayaan bermasyarakat
modern dan menarik banyak perusahaan untk menjalin kerja sama dengan
Starbucks.
Starbucks tidak ingin membatasi diri mereka berdasarkan lokasi,
metode tradisional, atau kebijakan konvensional. Starbucks menjalin
kerja sama dengan perusahaan lainnya untuk tujuan jangka pendek dan
jangka panjang. Aliansi merek membuat Starbucks mewujudkan visi mereka.
Hubungan dengan rekan aliansi mendorong Starbucks mentransformasikan ide
ke dalam ekstensi merek perusahaan. Beberapa aliansi strategis
dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu. Contohnya Starbucks menjalin
kerja sama jangka panjang, contohnya pada bulan September 1998 Starbucks
menjalin hubungan jangka panjang dengan Kraft Foods untuk
mengakselerasi penetrasi Starbucks ke dalam supermarket.
Starbucks mencari rekan strategis yang dapat menguatkan merek
perusahaan. Mereka hanya mengadakan kerja sama dengan merek yang sesuai
dan konsisten dengan reputasi Starbucks akan kualitas, kepemimpinan, dan
karakter usaha. Memiliki visi dan mengembangkan tipe jenis yang tepat
untuk aliansi. Dengan aliansi strategis yang baik, Starbucks dapat masuk
ke dalam kategori baru dengan lebih mudah, mempertajam keunggula
bersaing, dan mendorong pertumbuhan bisnis perusahaan. Untuk itulah
aliansi strategi memiliki peranan penting seiring dengan berjalannya
bisnis.
Artikel ini diadaptasi dari buku The Brand Mindset karangan Duane E. Knapp
No comments:
Post a Comment