Seiring dengan perjalanan waktu banyak pengalaman dan cerita yang
kita temui. Pengalaman yang baik akan menjadi sumber motivasi sebagai
pendorong menjadi lebih baik. Pengalaman yang buruk menjadi sumber
pembelajaran dan perbaikan dari situasi saat ini. Dalam kesempatan ini,
Marketeers membagikan 100 Classic Marketing Stories sebagai sumbangan
kecil pada dunia bisnis saat ini. Inilah kumpulan dari 100 kasus
pemasaran menarik yang pernah terjadi sepanjang masa.
Konsumen saat ini memiliki ekspekstasi yang lebih tinggi dibandingkan
masa lalu. Perbaikan dramatis yang terjadi di dunia media, komunikasi,
dan transportasi membuat kegiatan pereknomian dunia semakin terkoneksi.
Pengembangan produk yang dilakukan di satu negara dapat menarik
perhatian negara dari bagian dunia lain. Meskipun demikan memasuki pasar
baru tidak mudah dilakukan. Pemain baru seringkali menghadapi banyak
tantangan dalam membangun brand. Kesulitan ini lah yang dihadapi KIA
saat berupaya untuk menembus pasar otomotif Eropa.
Sebagai gambaran besar, KIA adalah perusahaan asal Korea Selatan
memiliki belasan pabrik manufaktur, perakitan, dan perwakilan di 165
negara. Perusahaan terus berusaha untuk meningkatkan jaringan yang
dimiliki agar dapat melayani permintaan dengan baik. Berbeda dengan merk
lainnya, merk KIA belum dikenal di benua ini. Agar dapat dikenal dengan
baik oleh konsumen, perusahaan mengambil kebijakan untuk mengambil
pendekatan dari sisi sponsorship kegiatan olahraga.
Kegiatan sponsorship di sini meliputi pembiayaan bisnis yang terkait
dengan organisasi, event, atau bahlan program televisi lainnya.
Marketing di dunia olahraga memungkinkan KIA menjangkau pendengar yang
lebih luas dan asosiasi positioning yang lebih kreatif. Kegiatan
sponsorship ini juga membuat KIA dapat terhubung dengan event lain.
Sebagai penyokong program utama, KIA menjalankan aktivitas above the
line dan below the line. KIA memproduksi iklan di media cetak, online,
dan elektronik. Kesulitannya di sini yaitu bagaimana membuat pesan iklan
yang diingat penontonnya.
Karena sifatnya yang masal,
sangat sulit agar iklan dapat diterima dengan baik di berbagai segmen.
Selain itu KIA juga menggunakan aktivitas below the line untuk menyasar
kelompok konsumen tertentu dengan metode sponsorship, sales promotions,
public relations, direct marketing, dan aktivitas lainnya.
Sponsorship ini membantu perusahaan dalam membangun relasi dengan
pendengar Eropa. Public relations yang digarap dengan baik dapat
membangun persepsi positif dari merk ini. Hal ini membuat KIA dapat
mengontak konsumen potensial dan membuat citra agar mereka memiliki
persepsi positif tentang perusahaan. Saat itu sponsorship perusahaan
meliputi olahraga: cricket dengan perjanjian partnershipnya selama lima
tahun, sepak bola, KIA sebagai sponsor resmi untuk final Piala Dunia
FIFA dan Kejuaraan UEFA, dan Tenis dimana KIA mesponsori kejuaraan
Australia terbuka selama 10 tahun, sekaligus menggandeng Rafael Nada
sebagai duta perusahaan.
Dengan sponsorship, KIA dapat meningkatkan image antara perusahaan
dan juga event terkait. Sponsorship tidak hanya menjadi pesan iklan
semata tetapi juga memberi pengalaman dan menjalin hubungan yang lebih
mendalam dengan konsumen potensial. KIA telah membuat berbagai bentuk
partnership dalam kegiatan sponsor. Sponsorship ini membantu KIA
meningkatkan profil perusahaan dan membuat asosiasi positif dengan
event-event penting di dunia olahraga. KIA berupaya untuk menanamkan
investasi jangka panjang yang memungkinkan perusahaan mengjangkau
konsumennya dengan baik selama perusahaan menjadi sponsor. Hasilnya
secara perlahan KIA berhasil membangun brand nya dengan baik.
Artikel ini diadaptasi dari The Times 100: Business Case Studies
No comments:
Post a Comment