Seiring dengan perjalanan waktu banyak pengalaman dan cerita yang
kita temui. Pengalaman yang baik akan menjadi sumber motivasi sebagai
pendorong menjadi lebih baik. Pengalaman yang buruk menjadi sumber
pembelajaran dan perbaikan dari situasi saat ini. Dalam kesempatan ini,
Marketeers membagikan 100 Classic Marketing Stories sebagai sumbangan
kecil pada dunia bisnis saat ini. Inilah kumpulan dari 100 kasus
pemasaran menarik yang pernah terjadi sepanjang masa.
Honda adalah salah satu contoh perusahaan yang berhasil melakukan
ekspansi pasar ke luar negeri. Salah satu keberhasilannya adalah
ekspansi ke pasar Amerika. Pada tahun 1969, Honda berhasil menjadi
produsen sepeda motor terbesar di Amerika. Namun Honda belum pernah
memasarkan produk mobilnya di pasar ini. Pada masa itu, di markas besar
Tokyo beberapa petinggi Honda melakukan riset dan penjajakan untuk
memasuki pasar Amerika.
Rencana ini berhasil, pada tahun 1980 an Honda menjadi produsen mobil
terkenal di Amerika, dan pada tahun 1989 Honda Accord menjadi mobil
terlaris di Amerika pada saat itu. Hal ini cukup mengejutkan mengingat
perusahaan mendongkrak penjualan dari awalnya 0 hingga dapat menjual
717.000 unit dengan cepat. Pencapaian ini adalah kombinasi dari inovasi
teknologi, komitmen, perencanaan yang matang, penerapan strategi
marketing dan pemasaran yang konsisten sekaligus fleksibel.
Mulai dari awal, filosofi pemasaran Honda adalah berusaha menekankan
dimana perusahaan menyediakan produk dengan tingkat efisiensi tinggi
dengan harga yang rasional. Perusahaan juga berusaha meningkatkan
kepuasan konsumen melalui produk dan pelayanan. Honda memiliki ambisi
dan keberanian untuk mengembangkan ide baru, menghadapi tantangan, dan
merespon dengan cepat pada tantangan dan peluang. Pada tahun 1969, Honda
memiliki target ambisius untuk mengembangkan mobil kelas dunia. Honda
ingin menjadikan dirinya sebagai faktor penggerak industri otomotif.
Pada waktu itu, 88 persen penjualan industri otomotif datang dari
Detroit. Sebagian besar mobil yang diimpor pasar Amerika saat itu datang
dari benua Eropa. Honda adalah pelopor produsen otmotif Jepang yang
masuk ke Amerika baru diikuti oleh Datsun (sekarang Nissan), Mazda, dan
Subaru. Popularitas VW Beetle saat itu mengindikasikan bahwa terdapat
permintaan dari pasar untuk mobil kecil di Amerika. Pada tahun 1970-an,
Honda memperkenalkan produk pertamanya untuk pasar Amerika namun kurang
mendapat tanggapan yang baik. Kemudian pada tahun 1973, Honda
memperkenalkan “mobil dunia” nya yang dinamakan Honda Civic.
Meskipun Honda Civic mendapat respon yang baik di media dan publik
Amerika, produk ini dinilai masih terlalu kecil untuk dipasarkan. Namun
saat itu, harga minyak meroket sehingga konsumen mencari mobil yang irit
bbm. Honda memanfaatkan momen ini dengan baik dan akhir tahun 1974,
Honda Civic berhasil terjual sebanyak 43.000 unit. Tidak lama setelahnya
Environmental Protection Agency (EPA) menetapkan standar untuk emisi
kendaraan. Honda Civic berhasil memenuhi semua standar tersebut dan
bahkan didaulat menjadi mobil paling efisien dengan harga terendah di
Amerika. Honda menanggapinya dengan meluncurkan program promosi yang
menekankan Honda Civic adalah mobil yang ekonomis. Hasilnya lebih dari
100.00 unit produk terjual.
Beberapa tahun kemudian Honda mengadakan riset pasar pada konsumen di
Amerika. Ternyata pada saat itu, terdapat pergeseran kembali perilaku
dan preferensi konsumen. Setelah isu harga bensin dan energy telah
terlewati, konsumen lebih mementingkan kualitas, ruang yang lega,
kinerja yang baik, dan kenyamanan dalam berkendara. Honda merancang
produk sesuai dengan permintaan pasar dan pada Juni 1976 Honda
mengeluarkan produk yang selama bertahun-tahun menjadi produk paling
populer perusahaan, Honda Accord.
Artikel ini diadaptasi dari buku Advertising: Principles and Practice karangan William Wells, John Burnett, dan Sandra Moriarty
No comments:
Post a Comment