Seiring dengan perjalanan waktu banyak pengalaman dan cerita yang
kita temui. Pengalaman yang baik akan menjadi sumber motivasi sebagai
pendorong menjadi lebih baik. Pengalaman yang buruk menjadi sumber
pembelajaran dan perbaikan dari situasi saat ini. Dalam kesempatan ini,
Marketeers membagikan 100 Classic Marketing Stories sebagai sumbangan
kecil pada dunia bisnis saat ini. Inilah kumpulan dari 100 kasus
pemasaran menarik yang pernah terjadi sepanjang masa.
NIVEA adalah merk terkemuka pada produk perawatan kulit dan
kecantikan. Merk ini adalah satu lini produk dari Beiersdorf yang
didirikan pada tahun 1882. Beiersdorf bertujuan agar produk tersedia
sedekat mungkin pada konsumen dimana pun mereka tinggal. NIKEA selalu
berupaya untuk memahami konsumen di berbagai pasar dan memuaskan mereka
dengan produk-produk inovatif sehubungan dengan perawatan kulit. Untuk
melakukan regenerasi konsumen, NIKEA meluncurkan program NIVEA VISAGE
Young pada tahun 2005 dengan target pasar anak remaja putri yang berusia
antara 13-19 tahun. NIVEA VISAGE Young membantu remaja putri untuk
menjaga kulitnya melalui perawatan rutin agar kulitnya sehat dan dapat
terawatt dengan baik. Dalam kampanye promosi ini NIVEA berupaya untuk
membuat paduan bauran pemasaran sebaik mungkin agar dapat meningkatkan
brand image produk di mata target pasarnya. Program ini direlaunch
kembali pada bulan Juni 2007 dengan tujuan mengoptimalkan posisi
perusahaan di pasar. Optimalisasi di sini hendak dicapai dengan cara
membuat formula baru, desain baru, kemasan baru, dan nama baru.
Sebelum menentukan bauran pemasarn, NIVEA terlebih dahulu melakukan
riset pasar pada target pasar utama dengan karakteristik yang mirip
seperti usia, jenis kelamin, perilaku, dan gaya hidup. Pengetahuan dan
pemahaman dari riset membantu perusahaan dalam pengembangan produk
barunya. NIVEA menggunakan riset pasar. Riset ini pun digunakan
perusahaan dengan beberapa tujuan:
- Menggunakan focus groups untuk mendengar informasi langsung dari konsumen
- Mengumpulkan data dari konsumen melalui berbagai teknik riset
- Melakukan uji coba produk pada konsumen di berbagai pasar
Melalui riset pasar, perusahaan berhasil mengidentifikasi bahwa
konsumen kalangan muda menginginkan produk perawatan muka yang lebih
spesifik. Pada usia belia tersebut, mereka lebih mementingkan produk
yang mempercantik dibandingkan produk solusi permasalahan kulit. Pada
saat itu kompetitor di industri lebih fokus dalam menawarkan produk
penyedia solusi saja. Hal ini membuat NIVEA memiliki keunggulan di
pasar. NIVEA Young dimanfaatkan perusahaan sebagai jembatan antara pasar
remaja dan kalangan dewasa.
NIVEA adalah salah satu contoh perusahaan yang memanfaatkan hasil
riset dengan baik. Mereka dapat mengidentifikasi peluang yang ada di
pasar, mengetahui bagaimana perilaku konsumen, apa kebutuhan, dan
keinginan di pasar. Dengan mengetahui semua hal ini, NIVEA dapat
mengembangkan produk yang dapat mengisi segmen yang belum dilayani
dengan baik.
Artikel ini diadaptasi dari The Times 100: Business Case Studies
No comments:
Post a Comment