Seiring dengan perjalanan waktu banyak pengalaman dan cerita yang
kita temui. Pengalaman yang baik akan menjadi sumber motivasi sebagai
pendorong menjadi lebih baik. Pengalaman yang buruk menjadi sumber
pembelajaran dan perbaikan dari situasi saat ini. Dalam kesempatan ini,
Marketeers membagikan 100 Classic Marketing Stories sebagai sumbangan
kecil pada dunia bisnis saat ini. Inilah kumpulan dari 100 kasus
pemasaran menarik yang pernah terjadi sepanjang masa.
Salah satu minuman energi yang cukup dikenal di beberapa negara
adalah Gatorade. Minuman energi yang awalnya sering dikonsumsi di negara
timur seiring dengan waktu tersebar juga ke negara barat. Pada tahun
1960an, tim riset dari Universitas Florida mengembangkan produk yang
diklaim dapat menggantikan cairan tubuh yang disebabkan karena aktifitas
fisik. Formula ini diujicobakan pada tim football universitas. Hasilnya
tim football ini berhasil memenangkan kompetisi pada tahun 1965 dan
terkenal akan ketahanan dan efisiensi dalam performanya.
Kejadian menarik terjadi pada salah satu kejadian dimana tim
universitas berhasil mengalahkan salah satu lawannya. Pelatih lawannya
mengatakan bahwa timnya kalah karena mereka tidak memiliki Gatorade.
Minuman ini yang membuat perbedaan antara kedua tim. Ucapan ini kemudian
dikutip oleh media Sports Illustrate dan kemudian mengakibatkan
penjualan Gatorade meroket di pasaran. Peran media cukup besar bagi
perusahaan karena membangun awareness produk dan juga mempromosikan
produk perusahaan secara tidak sengaja.
Perusahaan kemudian memanfaatkan hal ini dengan menggunakan media
sebagai alat promosi. Gatorade kemudian melakukan kebijakan sponsor ke
berbagai kegiatan olahraga. Gatorade mensponsori banyak kompetisi
olahraga ternama seperti NFL, NBA, PGA, NASCAR, dan lainnya. Perusahaan
mendapat publisitas penting ketika atlet terutama atlet favorit meminum
Gatorade ketika disorot kamera televisi. Belum lagi ritual atau cara
merayakan kemenangan tim yang menggunakan Gatorade.
Kegiatan sponsorship kemudian menyebar ke tingkat lokal dan juga
menyasar ke segmen mahasiswa. Segmen pasar ini menjadi pasar yang baru
setelah kalangan professional telah tergarap dengan baik. Tingkat
awareness konsumen pada produk telah terbangun karena mereka telah
mengetahui produk dengan menonton atlet-atlet favorit mengonsumsi
Gatorade pada saat pertandingan. Dengan begitu, perusahaan menjadi lebih
mudah melakukan penetrasi pada pasar.
Kunci keberhasilan lainnya adalah dimana Gatorade mensupport
komunitas atlet di semua level pada saat atlet-atlet tersebut menjalani
pelatihan. Channel ini sangat penting bagi perusahaan karena pelatih
atlet bertanggung jawab pada perawatan dan pencegahan cedera atlet
dimana kepanasan adalah hal yang paling wajar terjadi. Hasilnya,
Gatorade berhasil menjadi sponsor resmi dari “Professional Athletic
Trainers Association”, “National Basketball Trainers Association”,
“Professional Baseball Athelitc Trainers Association”, dan “National
Athletic Trainers Association”. Perusahaan juga mempublikasikan panduan
media tahunan untuk football, basket, dan pelatih baseball, menyediakan
media olahraga dengan informasi biografis mengenai pelatih dari tiap
tim.
Dengan semua channel, publisitas, dan penanganan media, Gatorade menjadi produk yang laku di pasaran karena minuman energinya.
Artikel ini diadaptasi dari buku The Marketer’s Guide to Public Relations karangan Thomas L. Harris
No comments:
Post a Comment