Seiring dengan perjalanan waktu banyak pengalaman dan cerita yang
kita temui. Pengalaman yang baik akan menjadi sumber motivasi sebagai
pendorong menjadi lebih baik. Pengalaman yang buruk menjadi sumber
pembelajaran dan perbaikan dari situasi saat ini. Dalam kesempatan ini,
Marketeers membagikan 100 Classic Marketing Stories sebagai sumbangan
kecil pada dunia bisnis saat ini. Inilah kumpulan dari 100 kasus
pemasaran menarik yang pernah terjadi sepanjang masa.
Salah satu merk permen karet yang terkenal di banyak negara adalah
Wrigley. Perusahaan telah memproduksi 14.000 ton permen karet yang
dijual di lebih dari 121 negara. Sebenarnya tidak ada yang mengetahui
secara pasti penyebab kesuksesan perusahaan. Langkah promosi perusahaan
banyak mengandalkan iklan media televisi dengant tema yang dipertahankan
selama bertahun-tahun. Wrigley jarang menggunakan variasi seperti
undian atau gimmicks lainnya untuk mempromosikan merk perusahaan.
Perusahaan terus meningkatkan budget marketingnya dari tahun ke tahun
pada saat itu. Penambahan budget marketing terutama untuk periklanan
juga dilakukan di saat menghadapi masa sulit. Sebagai gambaran
pengalokasian budget iklan sekitar 134 juta dollar di tahun 1989 dan
meningkat menjadi 158 juta dollar pada tahun 1990.
Namun sebelum masa ini, perusahaan menghadapi persaingan yang cukup
ketat. Persaingan ini terjadi saat adik dari pendiri perusahaan, William
Wrigley Jr. menolak untuk bergabung ke dalam perusahaan setelah
kesepakatan merger enam perusahaan di industri pada tahun 1899. William
memutuskan mendirikan perusahaan sendiri dan berkompetisi di industri
yang sama. Wrigley mengambil langkah menawarkan pisau cukur dan lampu
pada toko-toko saluran distribusi sebagai pancingan untuk menjual produk
perusahaan. Lebih jauh lagi pada tahun 1915, perusahaan mengirimkan
permen karet Wrigley pada semua orang yang terdaftar pada buku telepon
di Amerika.
Wrigley sempat terpukul pada tahun 1970-an ketika pangsa pasar produk
mengalami penurunan menjadi 35 persen. Hal ini terjadi setelah
kompetitor mengeluarkan produk permen karet bebas gula yang berhasil
menarik perhatian konsumen di pasar. Wrigley terlambat memberi respon
hal ini dan baru mengeluarkan produk Extra pada sekitar tahun 1984.
Wrigley berusaha keras mempromosikan produk barunya pada pasar konsumen.
Sebanyak lebih dari 30 juta dana dikeluarkan Wrigley dalam
memperkenalkan produk baru. Usaha ini berhasil dan Extra menjadi produk
dengan penjualan terbaik di industri.
Selain berhasil membangun merk, Wrigley juga dikenal memiliki sistem
distribusi yang efektif. Perusahaan memiliki kemampuan mendistribusikan
lebih dari satu juta pounds permen karet setiap harinya. Untuk menjaga
agar produk tersedia di pasaran, Wrigley menghubungi sebagian besar
distributor besarnya minimal seminggu sekali.
Artikel ini diadaptasi dari buku Advertising: Principles and Practice karangan William Wells, John Burnett, dan Sandra Moriarty

No comments:
Post a Comment