Seiring dengan perjalanan waktu banyak pengalaman dan cerita yang
kita temui. Pengalaman yang baik akan menjadi sumber motivasi sebagai
pendorong menjadi lebih baik. Pengalaman yang buruk menjadi sumber
pembelajaran dan perbaikan dari situasi saat ini. Dalam kesempatan ini,
Marketeers membagikan 100 Classic Marketing Stories sebagai sumbangan
kecil pada dunia bisnis saat ini. Inilah kumpulan dari 100 kasus
pemasaran menarik yang pernah terjadi sepanjang masa.
Rasanya tidak lengkap bila kita mengangkat topik tentang video games
tapi tidak mengaitkan dengan kisah Nintendo waktu dulu saat merajai
industri. Awalnya pada awal tahun 1980 an, dalam industri Atari menjual
permainan seperti ping pong dan secara cepat menaikkan omset penjualan
sebesar 2 milliar dollar. Akan tetapi, anak-anak secara cepat bosan
dengan permainan sehingga Atari mengalami penurunan penjualan dengan
cepat. Saat itu industri menjadi stagnan, tidak ada orang yang
memikirkan masa depan video games kecuali produsen asal Kyoto, Nintendo.
Kesuksesan Nintendo yang pertama adalah Super Mario Brothers, dimana
game ini menjadi legenda game sampai dengan saat ini. Pada game ini,
kita memaikan tukang ledeng yang mengarungi petuangan dan hambatan untuk
menyelamatkan tuan puteri. Tingkat penjualan game ini sangat tinggi,
mencapai 39 juta kopi di seluruh dunia. Mario menjadi symbol
internasional, bahkan pasar anak-anak di Amerika menyatakan Mario lebih
terkenal dibandingkan Mickey Mouse.
Saat itu Nintendo memiliki lebih dari 200 games mulai dari game baseball
sampai dengan peperangan abad pertengahan yang dihargai 50 dollar.
Tidak seperti kompetitornya, Nintendo memproduksi kualitas produk,
memperbaiki game yang rusak, dan memiliki hot line untuk setiap konsumen yang menghadapi masalah. Nintendo mengalami booming
sampai-sampai satu dari empat keluarga di Amerika diklaim memiliki
Nintendo di rumahnya. Bahkan banyak anak-anak yang ketagihan bermain
Nintendo sehingga orang tua banyak mengeluh sulit untuk mengontrol anak
saat itu.
Setelah berjalan beberapa waktu, diketahui bahwa tidak semua pengguna
datang dari segmen anak-anak. 34 persen dari mereka adalah golongan
dewasa yang memainkan baik game anak-anak maupun game dewasa. Pada tahun
1989, Nintendo mengenalkan Game Boy, sebuah perangkat permainan
portable. Pada awalnya game yang didesain ini ditujukan untuk konsumen
dewasa. Kita mengenal salah satu game yang dikembangkan Gameboy yang
bernama Tetris. Game ini menarik perhatian banyak orang dan tidak
sedikit yang ketagihan. Game ini pun menjadi salah satu game legenda
sampai saat ini.
Nintendo membuat terobosan di dunia game dan pemasaran. Mereka
berhasil menggunakan game untuk masuk ke dalam aktifitas konsumen,
membangun merek Nintendo dan juga beberapa tokoh dalam permainannya
menjadi banyak dikenal oleh masyarakat banyak. Nintendo terus melakukan
inovasi dalam pengembangan produk sampai dengan saat ini.
Artikel ini diadaptasi dari buku Consumer Behavior and Marketing Strategy 4th edition karangan J. Paul Peter dan Jerry C. Olson
No comments:
Post a Comment